Kamis, 15 Desember 2011

tips menyukseskan tindakan kita

Berhenti Berfikirdan Take Action
________________________________________
Banyakdiantarakita yang punya “hobby” belajartapirasanyakokhidupbelummenunjukanperubahanberarti.Berapabanyakbuku yang sudahAndabaca, berapa kali sudahAndapergike seminar, berapa kali Andadimintauntuksegera take action tapisampaidetikiniAndamasihbelumbergerak. JanganMerasabersalah?

"The possibilities are numerous once we decide to act and not react." (George Bernard Shaw)

Menurutbeliau, "begitukitaberhentiberpikirdansegerabertindakkitamembukadiriterhadapkesempatan yang jumlahnyabanyaksekali, bahkanmelebihidugaankita. Namunproblemnyaadalahseakan-akankitatidakpunyaalasan yang cukupkuatkenapakitaharusmengambiltindakan".

Berikuttigaalasanutama yang harusAndapertimbanganketikaAndaragu-raguuntukbertindak:


1. HanyaAnda yang bisa take action, bukan orang lain

KalauAndaditanya, “Siapa yang menjalankanhidupAnda?”,jawabnyapastimudah: “Andasendiri!”. ArtinyaAndabertanggungjawabatashidupAndasendiri, bukan orang lain. AndamemilikikekuatanuntukmengendalikandanbahkanmeningkatkankualitashidupAndakarenaAndasendirilah pilot pesawathidupAnda.

KalauAndapunyarencanabisnis, karir, ataurencanauntukmerubahhidupmakaAndainginmenyadaribahwatidakada orang lain yang akan take the first action, kecualiAndasendiri. Andabisamendapatkanbantuandarikeluarga, teman, buku, blog. TapitindakanharusdiambilolehAndasendiri. HidupAndaadalahtanggungjawabAnda. Buatlahpilihandankeputusan yang membawakebaikanbagiAndasendiri.

2. Terapkanpengetahuan yang Andamiliki

PastinyakalauAndamembacaartikeliniAndaseorangpencariilmu di Internet. BarangkaliAndasudahmembacabanyakbukudan blog. AndamungkinmerasapengetahuanAndasekarangbertambah. Tidakadasalahnyadenganitu. Sayasendirimempunyaikebiasanmembaca paling tidak 10 halamansehari. Waktubagisayasangatberhargaolehkarenaitusayasangatjarangsekalimenontontelevisi.

Lebihdariitusayapercayabahwamengumpulkanpengetahuantidakbisamenggantikan action. Andabisamembacapuluhanbuku, namunapabilaAndatidakmempraktekkanapa yang Andapelajaridaribuku-bukuitusemuapengetahuan yang Andamilikibisasia-siabelaka.
Menghadiripelatihanatau seminar membantuAndauntukmemperolehinspirasi. BarangkaliAndamenjadibersemangatuntuk take action. SemangatiniinginAndatindaklanjutindenganmengambiltindakannyatadimanaAndabetul-betulmenerapkanpengetahuan yang Andamiliki.

3. Menjadilebihpandaidenganmengerjakan

Ada ungkapan “you learn by doing” yang artinyapengetahuanAndamenjadibertambahseiringAndamenerapkannyadalamtindakannyata. ApabilaAndaseorang yang hauspengetahuan, Andaakanterpacuuntukbereksperimendenganpengetahuan yang Andamilikidenganmenerapkannya di kehidupansehari-hari. DenganmenerapkanpengetahuanAndamenjadisemakinpintardenganmemahamihal-halapa yang cocokbagiAndadanmana yang tidak.

DenganmengerjakanAndabarangkalimenjaditahukalaumetode yang Andabaca di bukuternyatalebihrumitketikadipraktekkan. Hal inimemacuAndauntukmemperbaikimetodetersebutdengancara yang sesuaidengankondisilingkungandisekitarAnda.

Pengalamanadalah guru yang terbaik. MelaluipengalamanAndamenemukanhal-halbarudanmembuktikansendiriapa yang selamainidikatakanoleh guru, mentor, pelatihdll. Inilah yang inginAndaperoleh. Secaraanalogi: orang lainbolehsajamendeskripsikanbagaimanarasanyaapel, tapiuntukmerasakanbuahapelituAndaharusmakanbuahnyasendiri. SampaiAndamerasakansemuasensasinya: segar, manis, asem, berair, dll.
Quote:
SemogaartikelinimemberikaninspirasibagiAndauntukmempraktekkan ide, gagasan, danpengetahuan yang AndamilikiuntukperbaikankualitasdiriAnda. Hanyadengan take action hidupAndabisaberubahdanAnda pun menjadipribadi yang membanggakanbagidirisendiridan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;